Pulau Kalimantan, atau yang disebut juga sebagai Borneo, terkenal akan kekayaan sumber daya alam nya yang melimpah terutama Batubara. Pulau  kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia dan urutan ke -5 terbesar di Dunia. Proyek terbaru kami yaitu terletak di Kota Melak, Kalimantan Timur dengan total area: 5000 hektar dan pembuatan koridor jalan sepanjang 20 kilometer dengan kondisi minim dan sangat menantang.

Client

Private Mine

WHAT WE DID

3D LiDAR asset inspection by drone / UAV 3D mapping

 

Awal misi kami dimulai dengan perjalanan panjang 12 jam untuk mencapai lokasi. Di sini masih belum ada nya akses maupun jalan, tetapi penuh dengan lumpur. Dari hari ke hari berikutnya, akses mungkin telah berubah total. Juga tidak ada listrik di sini…maupun koneksi telepon…pekerja yang tinggal di lokasi harus menggunakan genset hanya pada malam hari untuk menyalakan peralatan penting seperti senter, baterai untuk peralatan kerja dan beberapa lampu penerangan untuk dapat memasak dan menikmati waktu yang tersisa.

 

Dalam kondisi seperti ini, Anda tidak akan berekspetasi bisa mendapatkan kenyamanan: sungai disekitar akan menjadi kamar mandi terbaik untuk para pekerja dan tak lupa matres tidur yang ketebalannya hanya 3 cm yang memberikan kenyamanan tidur dan tidak akan pernah dilupakan (juga punggung mu). kami berbagi tempat tidur dengan 10 pekerja lainnya. Menu makanan setiap harinya yaitu: ikan yang berbau/rasa tanah dengan nasi atau mi goreng yang nikmat.

Di hari pertama misi kami, kami menemukan lebih detail jalan yang akan kami ambil. Yang mana malam sebelumnya tidak terlihat oleh kami. Pada kenyataannya, jalur ini sebenarnya cukup lebar untuk dilewati mobil dan terdapat “selokan / bekas roda” besar di setiap sisinya dengan sedalam 3 atau 4 meter dan yang mana cukup berbahaya karena dapat menyeret mobil kami ke bawah pada saat yang bersamaan. Kali ini harus kami katakan butuh kepercayaan yang kuat terhadap sopir karena terkadang kami merasakan roda mobil pun tidak menyentuh tanah sama sekali. 

Borneo is famous for the wild jungle and its biodiversity such as Orangutan

Setelah kami sudah cukup mengetahui medannya, akhirnya kami mulai bekerja. Dengan bahagia kami dapat melihat drone kami terbang untuk memulai pengambilan data!

Hari-hari kerja kami mulai terasa ringan dan tidak ada masalah. kami harus fokus untuk melihat kumpulan awan yang mengitari area untuk berjaga-jaga agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan. Sepertinya keberuntungan selalu di pihak kami, karena pada akhirnya, kami hanya kehilangan 2 hari kerja karena kondisi cuaca tidak memungkinkan. Namun, masalah utama dari proyek ini yaitu logistik barang yang memakan waktu kami lebih lama, karena desa terdekat sekitar 2 jam berkendara dari posisi kami.

 
Seringkali dalam situasi ekstrim seperti ini muncul ide-ide paling eksentrik juga datang… Memang, setelah beberapa hari “pengasingan”, keinginan untuk berkomunikasi dengan orang yang dicinta, atau untuk mendapatkan berita dari dunia luar, bahkan untuk menginformasikan kemajuan kerja kepada klien kami, menjadi suatu keharusan. Itu sebabnya kami mengimprovisasi hotspot wifi terbang kami! yang mana pada gilirannya, salah satu anggota tim kami menawarkan diri untuk meminjamkan ponselnya dalam mode “berbagi koneksi”, lalu kami memasang ponsel ke drone untuk mengirimkannya ke ketinggian sekitar 30-40 meter. Oleh karena itu, saat di atas pepohonan dapat menangkap antena GSM terdekat. Setelah sinyal terpasang, Anda akan mendapat kan sinyal hanya dalam waktu 15 menit. Kami bangga dengan terobosan kami, hal ini selalu membuat kami tertawa dan juga bukti usaha kami untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga tercinta.

Total pekerjaan hanya dilakukan dalam waktu 14 hari di lokasi dan hanya kurang dari 94x terbang untuk mengcover pekerjaan 5000 hektar selama 11 hari dan menempuh 20 km perjalanan darat. Tetapi misi kali ini layak diperjuangkan karena hasil nya sangat menakjubkan. resolusi dari DTM sangat detail dan alat kami dapat menerobos seluruh vegetasi yang seharusnya susah untuk dijelajah.

Pada akhirnya, kami meninggalkan lokasi dengan kepuasan klien dan memori-memori yang tak terlupakan, nikmat mana lagi yang kau dustakan? 🙂   

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.